Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

BADAN KERJA SAMA ANTAR DESA ( BKAD ) KECAMATAN RUPAT LAKSANAKAN PELATIHAN/BINTEK KADER PEMBANGUNAN MANUSIA STUNTING DI HOTEL SURYA DURI - MANDAU .




Mandau , MenaraRiau.Com-Sebanyak dua belas perwakilan Kader Pembangunan Manusia ( KPM ) se Kecamatan Rupat ikuti pelathan dan bintek Stanting selama dua hari ( 29 - 30 /10 /2023 ) di Hotel Surya Jalan Sudirman - Duri Kab. Bengkalis .


Dalam acara itu Al Mustafa selaku Ketua  BKAD Kecamatan Rupat sebagai ketua pelaksana  menjelaskan bahwa acara pelatihan KPM Stanting ini dilaksanakan didasari dengan program pemerintah yang lebih memperhatikan kesehatan usia balita dengan sasaran agar para balita sehat dan tumbuh sempurna secara fisik dan tingkat kecerdasannya .


Ditegaskannya lagi bahwa kegiatan ini diikuti dua belas kader KPM utusan setiap desa se Kecamatan Rupat yang kita harapkan stelah mengikuti pelatihan dan bintek Stanting ini dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat dari nara sumber ke masyarakat khususnya para ibu - ibu yang masih mempunyai anak balita , begitu tegasnya kepada seluruh peserta yang hadir di acara itu Dalam acara itu juga Ibu Nurul Aniisa  dari Puskesmas  Teluk Lecah 

 bidang Ahli Gizi sebagai nara  sumber di acara itu menjelaskan para ibu yang memiliki bayi harus dalam keadaan sehat agar balitanya juga menjadi sehat .


Ibu Nurul Anisa lebih lanjut  menegaskan lagi untuk menjadi sehat  ibu - ibu balita harus pandai mendapatkan dan menkomsumsi makanan yang bergizi seperti yang mengandung gizi dan protein  serta sayur - sayuran nabati yang bisa didapat di sekitar lingkungan tempat tinggal kita .


Untuk pengganti kadar protein bisa menkonsumsi telur , ikan air tawar dan lainnya yang dapat dijangkau oleh ibu - ibu balita secara ekonomi .




Ditambahkannya lagi bahwa khusus ibu - ibu balita yang tidak memiliki air susu yang cukup untu bayinya dengan mengkonsumsi daun kelor bisa direbus juga bisa di sayur , daun kelor itu banyak mengandung protein dan vitamin - vitamin yang dibutuhlan tubuh bagi ibu yang sedang menyusui , begitu paparnya .


Dalam penjelasannya lagi  bahwa sesuai data dari Dinas kesehatan bahwa untuk di kecamatan rupat  yang tergolong gizi kurang sudah sedikit jumlah nya dan diminta kepada peserta pelatihan bekerja sama dengan kader posyandu bisa lebih bekerja maksimal agar kedepannya jumlah balita gizi kurang bisa ditekan lagi jumlahnya .


Dalam kegiatan pelatihan itu turut serta pendamping desa dari Kecamatan Rupat yang mengikuti acara itu dari awal hingga selesai acara . 

( Apansari )

Baca Juga

iklan