Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

PPDB Tahun Ajaran 2023Segera di buka sesuai Persyaratan pilihan Sekolah

 









Pekanbaru.Menarariau.com-Tahapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024, telah memasuki tahap pemilihan sekolah 29 Mei-12 Juni 2023. Setelah pembuatan akun siswa atau Pra pendaftaran, input dan upload dokumen dijalankan oleh siswa lulusan SMP sederajat yang akan mendaftar masuk SMA/SMK sederajat.


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024 pada satuan pendidikan jenjang SMA/SMK di Provinsi Riau, telah ditetapkan jadwalnya mulai dari sosialisasi, Pra pendaftaran, dan saat ini mulai pendaftaran sekolah yang akan dituju oleh peserta didik.


“Perkembangan (PPDB) sekarang dalam tahap verifikasi, dan calon siswa SMA/SMK Negri sudah bisa membuka akun pendaftaran yang telah dibuat. Mulai tanggal 29 Juni hingga 12 Juni siswa memilih sekolah Negri yang dituju, dari akun yang telah dibuat. Selama lebih kurang dua minggu pendaftaran verifikasi langsung satuan pendidikan,” ujar Kamsol.


Mantan Pj Bupati Kampar ini menjelaskan, pemilihan sekolah disesuaikan dengan persyaratan (PPDB), dimana ada 4 jalur seleksi. Diantaranya pertama jalur zonasi arau jarak dari sekolah kerumah, kedua jalur afirmasi atau siswa miskin, ketiga jalur perpindahan orangtua, dan keempat jalur prestasi.


“Melalui jalur penerimaan ini kita berharap tidak ada lagi perdebatan. Karen sekolah juga sudah mensosialisasikan dengan Kecamatan atau kelurahan setempat. Untuk jalur afirmasi disertai dengan kartu Indonesia Pintar (KIP), atau kartu program keluarga harapan, dan kartu tidak mampu dari Kelurahan. Selanjutnya tim dari Disdik akan melakukan verifikasi faktual kelapangan,” jelas Kamsol.


“Untuk jalur perpindahan itu minimal tinggal disertai dengan KK selama dua tahun, terhitung terakhir 21 Juli 2021. Apabila ada perubahan KK disertai dengan KK yang lama, sehingga bisa diverifikasi perpindahan siswa tersebut,” tambahnya.


Berikut tahapan (PPDB) tahun 2023/2024, dibuka untuk Pra pendaftaran tanggal 22-26 Mei 2023, dilanjutkan pendaftaran dan pemilihan sekolah pada tanggal 29 Mei - 21 Juni, verifikasi oleh satuan pendidikan 29 Mei - 21 Juni 2023. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran 27-30 Juni, dan pengumuman (PPDB) 1 Juli 2023, pendaftaran ulang 10-12 Juli 2023.

Baca Juga

iklan