Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Perusahaan Kebun Kelapa Sawit PT Adei PlayStation Masih Melakukan Penanam Sawit di Lahan Gambut




Pelalawan.MenaraRiau.com

Sangat disayangkan perusahaan PT Adei PlayStation yang terletak di Desa Sungai Bulu Kec.Bunut Kab. Pelalawan masih melakukan penanaman sawit di lahan gambut. Rabu 25/01/2022/3


Sesuai hasil temuan awak media di lapangan perkebuna ini tidak mengindahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut yang kemudian diperbaharui menjadi Perpres Nomor 120 tahun 2021

Perpres ini dikeluarkan pada awal tahun 2016 untuk melakukan percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi secara masif tahun 2015 silam.


Komitmen pemulihan gambut kemudian diperpanjang pada awal tahun 2021 dengan penambahan ekosistem mangrove sebagai target restorasi.

Inpres No 10 tahun 2011 yang diperbarui setiap 2 tahun sekali hingga menjadi permanen pada  Inpres No 5 tahun 2019

Inpres ini dikeluarkan untuk menghentikan pemberian izin baru bagi pemanfaatan, penggunaan kawasan hutan alam primer, dan lahan gambut serta menyempurnakan tata kelola hutan pada hutan primer dan lahan gambut, yang bertujuan untuk menyelamatkan keberadaan hutan alam primer dan lahan gambut serta untuk melanjutkan upaya penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.


Saat di konfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp ke  humas PT Adei Budi Simanjuntak menjawab "Maap pak, kita bukan menanam lahan baru, kita mereplanting lahan kita yg memang awalnya sudah kita tanam sesuai izinnya.

Mohon dipisahkan penanaman baru dengan repalnating (penanaman ulang)."


Humas PT Adei Budi Simanjuntak juga mengatakan "Poin disi sudah benar bapak sampaikan, untuk menghentikan pemberian izin baru.

"Kita bukan baru buka lahan pak, kita replanting".


 (Asbin Lubis)

Baca Juga

iklan