Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Masyarakat Desa Air Hitam Mendatangi Kantor Taman Nasional Teso Nilo Wilayah 1Pelalawan .







Pelalawan 'Menarariau.com-Warga Masyarakat Desa Air Hitam mendatangi Balai Taman Nasional Teso Nilo, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1, yang bertempat di Desa Lubuk Kembang Bungo Kec. Ukui Kab. Pelalawan Riau 27/09/2022




Adanya aksi unjuk rasa ini di sebabkan adanya surat dari Kepala Balai TNTN yang di tujukan ke pada Kepala Desa Air Hitam  untuk tidak menerbitkan SKT bahkan mencabut SKT yang sudah diterbitkan yang ter indikasi masuk kawasan TNTN.


Saat awak Media mempertanyakan kepada salah satu masyarakat yang tidak mau disebut namanya  yang ikut dalam aksi tersebut apa motif penyebab terjadinya aksi masyarakat Desa Air Hitam  mengatakan 

"dengan adanya surat edaran dari Kepala Balai TNTN akan mencabut surat SKT yang kami punya sehingga menimulkan amarah bagi kami sehingga aksi ini terjadi untuk menolak surat keputusan Kepala Balai TNTN" tersebut,masa yang ikut kurang lebih 200 orang,ini masih ring satu,jika tidak ada kejelasan maka akan kita turunkan juga ring dua dan ring tiga.Ucapnya 


Kepala Desa Air Hitam Tamsi Sitorus saat di konfirmasi awak media dikantor Desa terkait aksi masyarakat yang terjadi, Kepala Desa mengatakan aksi ini saya tidak tau, tadinya saya sedang di  perjalanan menuju PKL. Kerinci saat saya di Pangkalan Lesung, mendapat informasi adanya aksi masyarakat, makanya saya balik ke kantor Desa. 


Lanjut Tamsi Sitorus dan aksi masyarakat ini tidaklah direncanakan melainkan amarah spontan dari masyarakat Desa Air Hitam dengan adanya surat dari Kepala Balai TNTN Terkait pelarangan penerbitan SKT baru dan pencabutan SKT yang sudah dipegang masyarakat. tangkasnya.

Kita mengeluarkan SKT dengan adanya surat dari Bapak Bupati untuk melakuna pendataan nah dari situlah kita buat SKT bagi masyarakat yang sudah memiliki kebun, agar mempermudah untuk mengetahui siapa pemilik lahan jika terjadi kebakaran. Ucapnya.


Terkait aksi ini lalu awak media  melakuna konfirmasi Heru Sutmantoro. S.Hut, M.M, Selaku Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo yang terletak di Jln.Langgam km. 4, Langgam, Kec. Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan hari Rabu sekira pukul 9:00 Wib

Mengatakan aksi masyarakat ini sangatlah di sayangkan sampai mencoret coret tembok dari pada kantor Balai TNTN yang ada di Desa Lubuk Kembang Bungo, saya orang nya terbuka jika ada hal yang dirasakan Kepala Desa Air Hitam dan masyarakat yang kurang pas terkait surat yang kita berikan silahkan datang ke kantor, saya siap untuk memberikan penjelasan, dengan membawa beberapa perwakilan.

Pada dasarnya kita mengikuti peraturan pemerintah dimana program pemerintah kita Bupati Pelalawan yaitu program Pelalawan sejuk, maka dari itu kita harus menjaga hutan Taman Nasional Teso Nilo dan melestarikan nya, Nah dengan hutan TNTN yang tertinggal 13.000 Hektar ini lah yang akan kita jaga, sebab hutan TNTN ini sangat bermanfaat bagi kita  bahkan dunia untuk mendatangkan Oxigen bersih yang bisa kita hirup setiap hari. 


Saya menghimbau kepada semua instansi pemerintah Desa dan masyarakat mari sama sama kita menjaga kelestarian Hutan Taman Nasional Teso Nilo supaya binatang satwa yang ada bisa terpelihara dengan baik  dan bisa bermanfaat bagi anak anak kita kedepan. 


Penulis Asbin Lubis

Baca Juga

iklan